Apakah Tugas dan Fungsi HRD Baik Manager atau Staff HRD? - Cari Kerja

Thursday, March 3, 2022

Apakah Tugas dan Fungsi HRD Baik Manager atau Staff HRD?

Deskripsi Tugas HRD 

Pekerjaan Manajer dan Staff HRD ini pada dasarnya dioptimasikan untuk menulis rekrutment yang akan dipajang pada situs pencarian pekerjaan online atau halaman karir. Tugas HRD nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, dan biasanya masing-masing HRD memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda bagi tiap perusahaan.

Apakah Tugas dan Fungsi HRD Baik Manager atau Staff HRD?


Ringkasan Pekerjaan dan Tugas HRD

Tugas utama dari Manajer HR adalah untuk mengawasi semua aspek dalam praktik dan proses pengembangan sumberdaya manusia.


Apa itu Manajer HR?

Secara singkat, Manajer HR adalah orang yang tepat untuk semua masalah yang berkaitan dengan karyawan. Ini berarti bahwa tugas Manajemen SDM akan mencakup aktivitas pengelolaan seperti desain pekerjaan, rekrutmen, hubungan karyawan, manajemen kinerja, pelatihan & pengembangan karyawan.

Pekerjaan dan Tugas HRD


Peran dari HR sangat penting untuk keberhasilan perusahaan. 

Karyawan adalah aset terpenting dari perusahaan dan tugas HR adalah memastikan setiap individu yang berkerja memiliki workspace yang baik dan produktif di mana setiap orang bekerja untuk mewujudkan misi dan tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Menjalankan nilai-nilai perusahaan dan membentuk budaya kerja yang positif merupakan aspek vital dari pekerjaan Manajer SDM.

Apa tanggung jawab HR Manager?

  1. HR manager memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan dan menerapkan strategi serta menginisiasi SDM yang selaras dengan strategi bisnis secara keseluruhan
  2. Menjembatani hubungan antara pihak manajemen dan karyawan dalam menangani tuntutan, keluhan, atau masalah lainnya
  3. Mengatur proses rekrutmen dan seleksi
  4. Mendukung kebutuhan perusahaan untuk saat ini dan masa depan melalui pengembangan, keterlibatan, motivasi, dan pelestarian sumber daya manusia yang mumpuni.
  5. Mengembangkan dan memantau keseluruhan strategi, sistem, taktik, dan prosedur SDM dalam organisasi perusahaan.
  6. Memelihara lingkungan kerja yang positif
  7. Mengawasi dan mengatur sistem penilaian kinerja yang mendorong kinerja tinggi
  8. Pertahankan rencana gaji dan program tunjangan sesuai dengan peraturan yang berlaku
  9. Menilai kebutuhan pelatihan karyawan, untuk kemudian diterapkan serta memantau program pelatihan tersebut
  10. Melaporkan ke manajemen dan memberikan dukungan keputusan melalui matrik SDM
  11. Memastikan kepatuhan hukum di seluruh pengelolaan sumber daya manusia

Apa tanggung jawab HR Manager?


Persyaratan dan Keahlian HR Manager

  1. Memiliki pengalaman kerja dalam bidang HR, sebagai Manajer HR atau Eksekutif HR lainnya
  2. Berorientasi pada orang dan berorientasi pada hasil
  3. Memiliki pengalaman dalam matrik Sumber Daya Manusia
  4. Memiliki pengetahuan tentang sistem database dan Sumber Daya Manusia
  5. Memiliki kemampuan untuk merancang strategi bersama, dan memiliki keterampilan dalam kepemimpinan
  6. Memiliki keterampilan yang sangat baik dalam active listening, negosiasi, dan presentasi 
  7. Memiliki kompetensi untuk membangun dan mengelola hubungan interpersonal secara efektif di semua level perusahaan
  8. Memiliki pengetahuan mendalam tentang undang-undang ketenagakerjaan dan praktik terbaik dalam pengelolaan SDM
  9. Memiliki gelar di bidang Sumber Daya Manusia atau bidang terkait


Apakah anda memenuhi sebagian kriteria diatas, atau keseluruhannya? 

mungkin anda dapat meminta kenaikan gaji, atau memulai menyebar CV untuk pekerjaan yang lebih menantang


 

1 comment:

  1. Otomatiskan tugas dan administrasi Human Resource. Mulai dari perekrutan hingga pengelolaan kinerja karyawan dengan Software HR Otomatis terlengkap yang sangat memberikan kemudahan untuk HR.

    ReplyDelete